Header Ads Widget

Responsive Advertisement

Ticker

6/recent/ticker-posts

Puluhan Kapal Layar " Peserta Saill" Tiba Di Malra




Tual, Liputan21. com - Puluhan kapal layar peserta “Saill Malra’ bakal tiba di Ohoi/Desa Debut dan Ohoi Letvuan, Kecamatan Hoat Sorbay, Kabupaten Maluku Tenggara (Malra) bulan depan.Senin, 6/6/2024

Penjabat (Pj) Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Malra, Antonius Raharusun mengatakan, Juli 2024 ‘Saill Malra’ segera digelar. Dan lokasi destinasinya berada di Ohoi Debut dan Ohoi Letvuan.

Hal itu disampaikan Raharusun kepada wartawan di depan Aula Kantor Bupati Malra baru-baru ini (7/5-2024).

Dikatakan, dalam rangka menyambut ivent internasional ini pihaknya telah membentuk tim, dan juga sudah menggelar pertemuan mempersiapkan pelaksanaan ajang bergensi tersebut.

Selain itu, pihaknya telah berkoordinasi dengan berbagai instansi teknis terkait, termasuk pihak Bea Cukai dan Imigrasi guna menyambut ivent tersebut.

Raharusun menyebut ada dua operator ‘Sail Malra’ yang sudah menghubungi Dispar Malra terkait ivent tersebut, karena itu, Juli mendatang sejumlah kapal peserta ‘Sail Malra’ yang berasal dari mancanegara bakal tiba di lokasi yang sudah dipersiapkan.

Dikatakan, kehadiran para peserta ‘Sail Malra’ yang datang di daerah julukan Larvul Ngabal itu, dibagi dalam dua gelombang.


“Gelombang pertama direncanakan datang tanggal 1 sampai 3 Juli. Itu ada 25 kapal yang akan tiba duluan di Ohoi Debut. Dan, pada tanggal 15 sampai 22 Juli, akan menyusul 19 kapal lainnya,” ungkap Raharusun.

Kehadiran kapal-kapal Saill tersebut, tandas Kepala Dispar Malra ini, diharapkan bisa membawa dampak positif bagi masyarakat Malra secara umum, terutama masyarakat Ohoi Debut dan Ohoi Letvuan.

“Karena itu, saat ini kita sedang menyiapkan masyarakat di sana dengan sejumlah paket pertanian. Jadi kita telah siapkan masyarakat Ohoi Letvuan melalui lahan kebun yang telah mereka siapkan. Kita juga akan ajar para wisatawan bagaimana cara pengolah ‘embal’ mulai dari penanaman ‘embal’ sampai pada pengelolanya menjadi ‘embal’. Dari ‘embal’ itu mereka diajar cara membuat steak, ‘bubuhuk’ dan jenis lainnya,” jelas Raharusun.

Mengakhiri komentarnya, Raharusun berharap dengan adanya kehadiran rombongan ‘Sail Malra’ bisa menggenjot pendapatan ekonomi masyarakat melalui klaster mengajar maupun klaster mengelola ‘embal’ dan hal lainnya yang sudah dipersiapkan masyarakat setempat.

Sumber,AL (Kef21)

Posting Komentar

0 Komentar