Header Ads Widget

Responsive Advertisement

Ticker

6/recent/ticker-posts

KPU Kota Tual Gelar Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Daftar Pemilih Sementara Pilkada 2024

KPU Kota Tual Gelar Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Daftar Pemilih Sementara Pilkada 2024



Tual, Liputan21.com - Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Daftar Pemilih Sementara (DPS) Pemilihan Gubernur Dan Wakil Gubernur Provinsi Maluku Serta Walikota Dan Wakil Walikota Tual Tahun 2024 Tingkat KPU Kota Tual.
Sabtu,10/8/2024


Dalam kesempatan tersebut ketua KPU kota Tual, Muttaqin Ali Renhoran dalam sambutannya mengatakan seperti yang kita ketahui, DPS yang kita bahas hari ini adalah Daftar Pemilih Sementara Hasil Perbaikan, yang menjadi tonggak awal dalam pelaksanaan pemilihan serentak 2024 yang akan datang.


Yang tak kalah pentingnya, Data pemilih sementara hasil perbaikan ini, Merupakan salah satu tahapan yang harus di laksanakan, sebelum ditetapkannya daftar pemilih tetap.

Artinya, Saat ini masih ada kesempatan untuk masyarakat memberikan masukan, serta ikut berpartisipasi dalam melakukan perbaikan terhadap daftar pemilih untuk agenda pemilu tahun 2024 nantinya.


Perbaikan DPS ini, baik dari pihak KPU, penyelenggara pemilu,bawaslu Dari tingkat desa Hingga kota, dan juga masyarakat yang telah memberikan masukan dan partisipasinya dalam proses perbaikan DPs.

Tentu kita sama-sama ketahui tahun lni Proses pemutakhiran data pemilih basisnya adalah DPT terakhir dan DP4 (Daftar Potensial Penduduk Pemilih Pemilu). 

Kegiatan pemutakhiran data pemilih menggunakan aplikasi sejak Pemilu 2014 hingga saat ini. Keberadaan sistem terintegrasi menjadi penting untuk mendeteksi pemilih tidak tercatat ganda. 

Namun demikian, saya juga ingin mengingatkan kepada seluruh pihak untuk tetap mengawasi dan memantau dengan ketat pelaksanaan pemilihan serentak 2024 ini.

Kita harus memastikan bahwa pelaksanaan pemilihan umum berjalan secara demokratis, jujur, adil, dan terbuka.
Kita juga harus berperan aktif dalam mengawasi setiap tahapan pelaksanaan pemilihan umum, mulai dari tahapan menyusun daftar pemilih hingga pelaksanaan pemungutan suara.


Sementara di kesempatan yang sama Kapolres Tual, Adrian Soeharto Yonathan Tuuk mengatakan Kesiapan kita dalam mensukseskan Pilkada tahun 2024 khusus pemilihan gubernur dan wakil walikota.

Pada kesempatan ini tentunya kami dari pihak keamanan berharap pelaksanaan Pilkada ini berjalan aman lancar dan tidak ada permasalahan yang sangat berarti.


Ya kita mungkin ada pengalaman di pilpres sebelumnya dan pileg. Semoga di Pilkada ini tidak terjadi sehingga tentunya saya memohon bantuan dari seluruh lapisan baik dari penyelenggara KPU, Bawaslu, Forkopimda dan yang hadir saat ini.

Mari kita sama-sama dukung KPU Kota Tual dalam rangka menentukan daftar pemilih sementara hari ini dan nanti daftar pemilih tetap kemudian yang berikutnya.

Saya juga menyampaikan bahwa saat ini situasi wilayah hukum Kota Tual khususnya itu sudah aman dan kondusif.

Kapolres Tual, Adrian Tuuk menyampaikan Polres, Brimob maupun dari TNI Kodim, Lanud dan Lanal siap mem-backup KPU, Bawaslu.

Sehingga proses Pilkada ini betul-betul berjalan dengan lancar jujur dan adil.

Tentunya saya selaku Kapolres menyampaikan bahwa anggota Polres netral atau netralitas. kami tidak memihak calon siapapun.

Adrian Tuuk berharap KPU dan Bawaslu juga terus memberikan himbauan sosialisasi edukasi kepada masyarakat. supaya masyarakat juga ikut memilih jangan sampai golput. (Kef21)


Posting Komentar

0 Komentar