Header Ads Widget

Responsive Advertisement

Ticker

6/recent/ticker-posts

Polres Tual Gelar Apel 3 Pilar

Polres Tual Gelar Apel 3 Pilar


Tual, liputan21.com - Pelaksanaan Apel 3 Pilar Dalam Rangka Pengamanan Pilkada 2024 Bertempat Di Lapangan Lodar - El Kota Tual. Senin,12/8/2024.


Pelaksanaan Apel 3 Pilar berdasarkan undang-undang nomor 2 Tahun 2002 tentang Kepolisian Negara Republik 
Indonesia.


Perkap Nomor 8 Tahun 2021 tentang perubahan atas Perkap nomor 1 Tahun 2019 tentang sistem, Manajemen keberhasilan Operasional POLRI.


Surat Telegram Kepala Kepolisian daerah Maluku Nomor STR/168/VI/OPS/1.3 2024 tanggal 6 Juni 2024, Tentang rencana garis besar Operasi Mantap Praja Salawaku 2024.


Kegiatan Apel Dilaksanakan untuk menunjukkan bahwa dari pihak kepolisian dan TNI siap mengamankan, Kolaborasi dan selalu berkoordinasi untuk melakukan pengamanan pemilihan kepala daerah.


Kami juga merangkaikan kegiatan SISPAMKOTA untuk memperagakan penanganan unjuk rasa atau demo serta PH dari Brimob.


Bagaimana mengantisipasi apabila, selama pelaksanaan PILKADA berlangsung adanya Aksi anarkis dari kelompok-kelompok yang ingin menggagalkan Pilkada.


Polres Tual dan Brimob juga dibantu OLEH unsur TNI dan juga melibatkan Instansi Pemerintah, Tokoh Agama, Tokoh Adat, serta masyarakat, para Raja dalam rangka Pilkada berjalan Aman dan Kondusif.


Lanjut Kapolres Tual AKBP Adrian SY Tuuk S.I.K.,M.H kalau tujuan pelaksanaan simulasi Sispamkota untuk menyamakan persepsi dan cara bertindak pada saat menjelang pilkada nanti, yang tentu saja dalam menghadapi situasi kontigensi di lapangan.


Jadi kami tau peran kami masing – masing, siapa berbuat apa dan bertanggung jawab kepada siapa,”ungkap Kapolres Tual Adrian Tuuk.


Selain itu Adrian menyampaikan kalau 3 pilar yang dilibatkan pada pelaksanaan apel gelar sinergitas berasal dari TNI – Polri, juga Pemkot Tual dan masih dalam pelaksanaan operasi mantap praja.


Dirinya mengingatkan agar pelaksanaan Simulasi Sispamkota, baik dari Instansi, TNI maupun Pemkot Tual, dan Brimob, agar melaksanakan Simulasi Sispamkota dengan sungguh – sungguh dan sebaik baiknya.


Adapun jumlah pasukan yang dilibatkan pada simulasi Sispamkota, kata Kapolres 1000 personil gabungan dari unsur TNI, diantaranya Lanal Tual, Danlanud Dumatubun, Batalyon Nawasena 735 dan Kompi Brimob.


Kegiatan juga diawali patroli rutin jelang tahapan Pilkada Serentak 2024, selanjutnya pengamanan masa kampanye, masa tenang, pengawalan kotak suara, pengamanan TPS saat pemungutan suara dan pengamanan kantor KPU saat perhitungan suara.


Pihaknya meminta seluruh anggota yang terlibat dalam pengamanan meningkatkan semangat, menjaga kebersamaan dan profesional dalam menjalankan tugas, sehingga dipastikan pesta demokrasi benar-benar jauh dari gangguan.


Optimisme mewujudkan Kota Tual yang aman dan kondusif pun, diharapkan pada pelaksanaan Pilkada serentak 2024 akan berlangsung sukses dan berjalan dengan baik. (Kef21)


Posting Komentar

0 Komentar