Header Ads Widget

Responsive Advertisement

Ticker

6/recent/ticker-posts

Polres Tual Gelar Rapat Koordinasi Lintas Sektoral

Polres Tual Gelar Rapat Koordinasi Lintas Sektoral



Tual,Liputan21.com - Rapat Koordinasi Lintas Sektoral dan Geladi Posko (TFG) Polres Tual T. A. 2024 dalam rangka pengamanan Pilkada Tahun 2024. Kamis,8/8/2024


Pukul 09.30 WIT, bertempat Aula Jananuraga Polres Tual telah dilaksanakan Rapat Koordinasi Lintas Sektoral dan Geladi Posko (TFG) Polres Tual T. A. 2024 dalam rangka pengamanan Pilkada Tahun 2024.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Kapolres Tual, AKBP Adrian Soeharto Yonathan Tuuk, S.I.K., M.H, Danlanud D. Dumatubun Langgur, Letkol PAS Muhammad Junaidi, S.H, Dandim 1503 Tual, Letkol INF. Kadek Muliarsa, Danyon 735 Nawasena, Letkol. INF. Andi Agus Salim, S.I.P., M.I.P; Wakapolres Tual, Kompol Teddy, S.H., S.I.K,

Yang mewakili Pj. Walikota Tual, Kepala Inspektorat Kota Tual, Drs. Asril Umagap, M.Si, CGCAE; Dandenpomal Lanal Tual, Kapten Laut (PM) Andrizal S, S.T.Han; Wadanyon C Polopor, AKP Estepanus Lawery; Danki 1 Yon C Polopor, AKP Arifin Wakanubun, S.Hi; Dansat POM Lanud Dumatubun, Lettu POM. Lacca Boer, S.T.Han; Pasi Ops Yonif 735 Nawasena, Lettu INF. Dipta Chandra Oktovian; Dansubden POM AD, Letda CPM. Ramly Mahulauw; Ketua Pengadilan Negeri Tual, Anggalanton Boang Manalu, S.H., M.H; Yang mewakili Kepala Kejaksaan Negeri Kota Tual, Kasi Intel, Rendra Taqwa Agusto, S.H.;Yang mewakili Ketua KPU Kota Tual, Devisi Teknis Penyelenggaraan, Fredek Carter Hukubun; Kepala Dinas Kesehatan Kota Tual, Dr. M. Subhan Labetubun, S.Hut., M.Si;N, Kepala Dinas Damkar, Jan M. E. Talaud; Kepala Satpol P.P. Kota Tual, Ibrahim Tamher, S.Pd; Yang mewakili Ketua Bawaslu Kota Tual, Staf Bawaslu, Ulfa Hanubun; PJU Polres Tual.

Dandim 1503 Tual/Malra dalam kesempatan tersebut mengatakan, Mari kita berkolaborasi antara Pemerintah Daerah dengan TNI/Polri untuk menyukseskan Pilkada ini dengan harapan Pilkada ini berjalan dengan aman dan damai.

Sementara pihak KPU agar membuat surat edaran; Untuk diketahui oleh Bawaslu, TNI boleh melaksanakan pengamanan TPS, tetapi tidak boleh berada dalam bilik TPS

Yang mewakili Pj. Walikota Tual Mengatakan Kita akan laksanakan rapat untuk menindaklanjuti saran dan masukan Pak Dandim dan Pak Kapolres. 


Danlanud D. Dumatubun Langgur mengatakan Lanud siap memback up dengan menyiapkan 3 SST kekuatan. Suksesnya Pilkada ini tergantung dari pendistribusian logistik, apabila dari Kpu membutuhkan sarana transportasi agar direncanakan dari jauh hari. 

Sementara Ketua Pengadilan mengungkapkan  Harapan PN Tual, saat Pilkada nanti tidak ada lagi perkara TP Pemilu. Saat pergeseran kotak suara agar dijaga lebih ketat oleh aparat keamanan. 

Yang mewakili Bawaslu Kota Tual menjelasakan Terkait dengan perkara Pemilu kemarin merupakan salah satu temuan dari Bawaslu di lapangan.Terkait dengan pengawasan pada masing-masing TPS, dari Bawaslu sudah melaksanakan patroli ke setiap TPS yang ada. 

Terkait pengamanan, saat pendistribusian logistik dari Bawaslu juga melakukan pengawalan, disarankan untuk pihak aparat keamanan juga dapat mengawal sampai dengan lokasi yang ditentukan. 

Pada Pemilu kemarin, Bawaslu menyurat Kasatpol PP terkait penggunaan Satpol PP dalam penertiban ATK saat Pemilu. 

Sementara Wakapolres Tual Mengatakan, Dengan adanya kekurangan Personel sehingga pada TPS aman, Polri yang melaksanakan pengamanan bisa 1 (satu) personel mengamankan 5 (lima) TPS, sedangkan untuk TPS yang rawan Polri yang melaksanakan   pengamanan 1 (satu) personel 1 (satu) TPS. 

Kasatpol PP Kota Tual dalam kegiatan tersebut Mengatakan Satpol PP Kota Tual siap membantu TNI/Polri dalam menyukseskan Pilkada 2024. KPU agar menyurat Walikota Tual untuk pelibatan Satpol PP dalam pengamanan Pilkada nanti. 

KPU Kota Tual megatakan  Untuk pendistribusian logistik kami berterimakasih atas dukungan dan masukannya. TPS pada Pilkada 2024 ada penurunan dibandingkan Pemilu kemarin yaitu jumlahnya berkisar 134 TPS, sehingga mungkin dapat ter-cover oleh Polri yang melaksanakan pengamanan. 

Sementara kepala Dinkes Kota Tual mengungkapkan Dinkes Kota Tual siap memberikan pelayanan kesehatan guna kelancaran Pilkada nanti. 

Damkar Kota Tual menjelasakan, Damkar Kota Tual siap membantu kelancaran Pilkada Kota Tual apabila terjadi adanya treble yang mengakibatkan adanya kebakaran. 

Wadanyon C Pelopor Satbrimobda Maluku mengatakan Pada TFG agar ditentukan siapa, bertugas apa dan bertanggungjawab kepada siapa. Penempatan pasukan di lapangan agar ditentukan lokasinya. 

Danyonif 735 Nawasena juga mengatakan TFG ini sangat bermanfaat, apabila sewaktu-waktu terjadi kontijensi masing-masing bisa tahu apa yang harus diperbuat. Terkait permintaan pasukan tetap melalui Dandim dan disiapkan dari jauh hari sehingga kami dapat menyiapkan pasukan  dan logistiknya.

(Kef21)




Posting Komentar

0 Komentar