Header Ads Widget

Responsive Advertisement

Ticker

6/recent/ticker-posts

Puskesmas Tual Menggelar Focus Group Discussian (FGD)

Puskesmas Tual Menggelar Focus Group Discussian (FGD)


Tual,Liputan21.com - Puskesmas Tual Menggelar Forum FGD ( FOCUS Group Discussian ) Tancap Ade Sisy. Kamis, 8/8/2024.

Puskesmas Tual menggelar Forum Group Discussian (FGD) dalam rangka membahas strategi dan membangun komitemn bersama dalam pelaksanaan progam inovasi “ Tancap Ade Sisy “ atau peningkatan capaian imunisasi dasar melalui integrasi posyandu, pada hari senin tanggal 5 agustus 2024 yang bertempat di aula kantor kelurahan masrum, kota tual.


Kegiatan ini diikuti oleh yang mewakili camat pulau dullah selatan, kepala kelurahan masrum, yang mewakili kepala desa tual, para kepala dusun di wilayah desa tual, ketua ketua RT dan RW di wilayah kelurahan masrum, tokoh pemuda, tokoh agama, para kader posyandu, babinkamtibmas polsek Dullah selatan dan bidan desa wilayah kerja puskesmas Tual.


Kegiatan ini dibuka dan dipimpin langsung oleh kepala puskesmas tual yang sekaligus sebagai Reformer dalam Aksi Perubahan program inovasi ini. Kegiatan ini bertujuan untuk membahas langkah strategis dan membangun komitmen bersama dari semua pihak terkait sehingga pelaksanaan program ini dapat berjalan dengan baik.



Program “ Tancap Ade Sisy “ merupakan program inovasi yang dilakukan oleh Puskesmas Tual dengan tujuan meningkatkan capaian imunisasi dasar di wilayah kerja puskkesmas tual.


Program ini hadir sebagai bagian dari evaluasi kinerja puskesmas tual dimana masih rendahnya capaian imunisasi dasar pada anak. Imunisasi dasar pada anak sangatlah penting dalam menjaga kesehatan dan perkembangan anak kita, karena dengan imunisasi akan terbentuk kekebalan tubuh pada anak terutama pada penyakit hepatitis, tb paru, pneomonia, difteri, polio dan campak.


Kegiatan ini berjalan lancar dan sangat diapresiasi oleh peserta yang hadir, banyaknya saran dan masukan yang disampaikan oleh peserta yang hadir diantaranya perbaikan saran dan prasaran posyandu dan optimalisasi peran kader dan litas sektor terkait.


Sebagai narasumber adalah kepala puskesmas Tual, Penanggung Jawab Program Imunisasi dan Penanggung Jawab Program Promosi Kesehatan Puskesmas Tual.

Berbagai permasalahan dan kendala yang dihadapi selama kegiatan posyandu berjalan serta solusi yang disampaikan membuat diskusi semakin hidup.

Dengan adanya kegiatan FGD ini, diharapkan para perangkat desa dan dusun dapat lebih proaktif dalam mendukung dan menggerakan masyarakatnya ke posyandu. Sehingga capaian Imunisasi dasar dapat tercapai dan tentunya akan dapat mencegah munculnya penyakit pada anak anak kita.

(Kef21)

Posting Komentar

0 Komentar