Header Ads Widget

Responsive Advertisement

Ticker

6/recent/ticker-posts

Gerakan Aksi Bergizi Serentak Sukses Digelar Di SMP Dan SMA/Sederajat Di Kota Tual

Gerakan Aksi Bergizi Serentak Sukses Digelar Di SMP Dan SMA/Sederajat Di Kota Tual


Tual, Liputan 21.com - Gerakan Aksi Bergizi Serentak (GABS ) Sukses Digelar, Siswa-Siswi di Kota Tual Sarapan Sehat Bersama dan Minum Tablet Tambah Darah. Kamis, 19/9/2024


Gerakan Aksi Bergizi Serentak (GABS) sukses digelar di  SMP dan SMA/sederajat di Kota Tual. Pada momen ini, para pelajar senam bersama, sarapan sehat dan minum tablet penambah darah untuk pelajar putri.




Kepala Bidang Kesmas Kota Tual, Rizal Renoat mengutarakan, Tujuan kegiatan GABS adalah; 
bertujuan untuk meningkatkan kesadaran serta pengetahuan siswa siswi tentang pentingnya Gizi seimbang,Kebiasaan Hidup sehat serta mencegah masalah gizi pada anak usia sekolah seperti Anemia,Stunting dan Obesitas

Dinkes Kota Tual telah menggelar GABS di beberapa Sekolah antara lain ;
SMA Muhamadiah Tual, Pada hari Kamis ,12 September, SMP N. 7 Tual, Jumat 13 September, 
Pondok Pesantren Hidayatullah Ohoitel
Sabtu 14 September , SMA N. 1 Tual, Selasa 17 September, SMA N. 5 Tual, Rabu 18 September, dan SMP N. 1 Tual, Kamis 19 September Hari ini. 


Adapun Kegiatan Gerakan Aksi Bergizi Serentak (GABS) yakni ;
1. Senam Bersama
2. Sarapan Bersama
3. Pemberian Tablet Tambah darah untuk Remaja Putri
4. Penyuluhan - penyuluhan Kesehatan

Selain 4 rangakaian kegiatan di tutup dengan kegiatan penandatanganan komitmen bersama dari pihak sekolah baik Kepala sekekolah maupun siswa dalam mendukung Kegiatan yg berkelanjutan, 

Sehingga Dinas Kesehatan kota tual berkomitmen untuk mensukseskan GABS dan mendorong kampanye sekolah sehat.
 
“Kita bersama berkomitmen untuk mensukseskan GABS, dengan gerakan makan bergizi, minum tablet tambah darah untuk remaja putri seminggu sekali dan olahraga bersama. 

Tablet tambah darah didistribusikan oleh Puskesmas masing-masing,” jelas Istikomah.
 
Menurutnya, sekolah sehat dapat terwujud dengan didukung 5 hal, yakni sehat gizi, sehat fisik, sehat imunisasi, sehat lingkungan dan sehat jiwa. 

Kampanye sekolah sehat tidak akan berhenti sampai ini. GABS anak terus dilakukan secara berkelanjutan.
 
“Semoga momentum ini bisa menggugah civitas pendidikan, bersama lintas sektor dan lintas program untuk mendorong keberhasilan gerakan ini. 

Kegiatan tidak berhenti di sini saja tapi rutin terus menerus. Harapannya terwujud pola hidup sehat, prevalensi anemia dan stunting di Kota Tual, Maluku bisa menurun,” imbuhnya.

Lanjut Rizal Renoat, GABS diharapkan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat, khususnya para pelajar, tentang pentingnya gizi yang baik untuk tumbuh kembang anak.
 
Selain itu, kegiatan ini juga bertujuan untuk menciptakan lingkungan sekolah yang mendukung perilaku hidup sehat.
 
“Saya mendukung GABS, karena makan makanan sehat itu sangat perlu supaya anak-anak bisa sekolah lebih tinggi. Cita-cita jangan hanya sampai SMA tapi sampai sarjana,” ujarnya
 
Makanan bergizi, katanya, bukan makanan cepat saji tapi makanan seperti telur, susu, sayur dan sebagainya,"tutup Kabid Kesmas. 
 
Sementara Kepala SMPN 1 Tual, Hasna Kabalmay mengaku senang GABS digelar khususnya di sekolahnya. Gerakan ini dinilai baik untuk meningkatkan budaya atau kebiasaan makan makanan sehat sejak dini.
 
“GABS ini semoga menjadi budaya positif di sekolah kami. 

Semoga menjadi kebiasaan yang baik. Apalagi setelah berlakunya 5 hari sekolah, siswa butuh asupan nutrisi karena sekolah sampai sore,” katanya. 

(Kef21) 
 



Posting Komentar

0 Komentar