Header Ads Widget

Responsive Advertisement

Ticker

6/recent/ticker-posts

Jelang Pilkada KPU Kota Tual Gelar Rakor Persiapan Pembentukan KPPS

Jelang Pilkada KPU Kota Tual Gelar Rakor Persiapan Pembentukan KPPS 



Tual,liputan21.com - Jelang Pilkada KPU Kota Tual Gelar Rapat koordinasi Persiapan Pembentukan KPPS dengan PPK dan PPS Se Kota Tual. Rabu, 11/9/2024

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tual menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) terkait Persiapan pembentukan kelompok penyelenggara pemungutan suara (KPPS) Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, dan Walikota dan Wakil Walikota Tahun 2024.

Rapat Koordinasi yang di gelar di hotel Kimson Jalan Jenderal Sudirman, Kel. Ohoijang Watdek, Kecamatan Kei Kecil, Kabupaten Maluku Tenggara, Langgur di buka langsung Ketua KPU Kota Tual, Muttaqin Ali Renhoran

Ketua KPU kota tual Muttaqin Ali saat membuka kegiatan Rakor di dampingi oleh Kadiv SDM dan Partisipasi Masyarakat, Abdul Hamid Ngilitubun, serta Kadiv Teknik dan Penyelenggara, Fredek Carter Hukubundalam kesempatan itu menegaskan, jika momen pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah pada tanggal 27 November 2024 tinggal menghitung hari, sehingga badan adhock yang telah di amanahkan kiranya dapat menjalankan tugas dengan baik, termasuk ke Sekretariatan.

Himbauan ini bukan hanya bagi anggota badan adhock namun termasuk Komisioner KPU sendiri sejauh mana kesiapan dalam rangka menghadapi Pilkada serentak baik Gubernur, Wakil Gubernur dan Walikota, Wakil Walikota nanti.

Menurut Muttaqin, meskipun pembentukan DPS dan DPSHP telah selesai, namun masih ada tugas dan tanggung jawab lain yang perlu di selesaikan sebagaimana di atur dalam PKPU.

Sesuai pengalaman pada beberapa waktu lalu seperti DPS dan DPSHP, banyak yang mengabaikan instruksi dari KPU, sehingga jika ini upaya untuk menghambat proses Pilkada maka tentu ada konsekwensinya, tegas Muttaqin Renhoran.

Dia pun mengingatkan, jika selaku penyelenggara, tentunya harus menjaga netralitas  dan integritas, termasuk ucapan dan tindakan, karena pihaknya telah banyak mendapat laporan masyarakat, ujarnya.

Renhoran mengatakan, selaku Ketua dan seluruh Komisioner KPU yang baru berkeinginan agar pelaksanaan seluruh tahapan Pilkada ini dapat berjalan dengan aman dan lancar.

Olehnya itu khusus bagi badan adhock dapat melaksanakan fungsinya dengan baik, namun tentu akan mendapat pengawasan dari Komisioner KPU saat tahapan berjalan.

Untuk itu Muttaqin Renhoran berharap, bagi seluruh badan adhock yang telah di bentuk termasuk Sekretariatan hendaknya selalu siaga di tempat sekalipun belum ada agenda, karena satu hal yang menjadi harapan bersama adanya Pilkada Kota Tual berlangsung aman dan lancar

Pelaksanaan kegiatan tersebut adalah komitmen KPU Kota Tual untuk merekrut KPPS yang memiliki kehendak kuat menyukseskan Pilkada 2024 dengan berpegang teguh pada prinsip mandiri, jujur, adil, berkepastian hukum, tertib, terbuka, proporsional, profesional, akuntabel, efektif, dan efisien. 

“Kami berharap KPPS yang nantinya bertugas di  TPS se-Kota Tual adalah KPPS yang berkualitas. Tentunya kami KPU Kota Tual akan membekali rekan-rekan KPPS ini dengan bimbingan teknis, diantaranya pungut hitung," tandasnya. (Kef21) 

Posting Komentar

0 Komentar