Header Ads Widget

Responsive Advertisement

Ticker

6/recent/ticker-posts

Kesiapan KPU Tual Jelang Penetapan Paslon



Tual, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tual merampungkan pemeriksaan administrasi 4 pasangan bakal calon Wali kota dan wakil walikota. Hingga kini tidak ada masyarakat mengajukan keberatan sehingga rapat pleno segera dilaksanakan.Sabtu, 21/9/2024

KPU Kota Tual melaksanakan pleno penetapan calon walikota dan wakilnya pada 22 September secara tertutup.

Keesokan harinya Pada tanggal 23 September, pengundian nomor urut yang dilakukan secara terbuka dengan pengawalan ketat Polres setempat

Kapolres Tual AKBP Adrian SY Tuuk sudah menyiapkan skema pengamanan agar pleno penetapan dan pengundian nomor urut berjalan lancar.

Kepala Devisi Teknis dan Penyelenggara KPU Tual, Fredek Carter Hukubun menjelaskan, pemeriksaan administrasi persyaratan telah rampung dilaksanakan.

Tidak ada tanggapan ataupun aduan serta keberatan dari masyarakat hingga 14 September 2024.

Carter Hukubun menjelaskan, undangan pleno dan pengundian telah dikirim ke masing-masing bakal calon kepala daerah serta pihak lainnya.

"Pleno akan dilakukan di kantor KPU, sifatnya tertutup, kalau pengundian dilakukan sehari kemudian, sifatnya terbuka tapi terbatas," katanya.

Ka Posko Polres Tual Korwaka menyebut adanya potensi kerawanan gangguan ketertiban karena akan ada konvoi pendukung.

Gangguan bisa juga terjadi ketika ada massa yang memaksa masuk ke ruangan pleno.

"Gangguan teror di tempat kegiatan sehingga harus diantisipasi, sasaran pengamanan meliputi manusia dan benda pasangan calon, komisioner KPU dan Bawaslu, LO dan simpatisan, kantor KPU, Bawaslu, fasilitas umum dan kendaraan," jelasnya.

Deklarasi Damai

Sebagai antisipasi banyaknya massa yang ingin masuk ke ruangan pleno ataupun pengundian, Carter menyebut akan memberikan tanda pengenal bagi tamu undangan. Masing-masing pasangan hanya bisa masuk ke ruangan pleno.

Kepada pendukung yang akan melakukan konvoi, Carter Hukubun berharap ada pemberitahuan agar kepolisian bisa mengatur lalu lintas sehingga tidak terjadi penumpukan.

"Kami berharap tidak ada gesekan antara pendukung,

"Kemudian deklarasi Pilkada damai akan dilaksanakan di Lapangan Lodar El, pada tanggal 24 September.

Carter Hukubun menyatakan, Personil Polri dan TNI siap mengawal seluruh tahapan Pilkada 2024 agar berjalan dengan aman, damai, lancar dan kondusif. Semua itu butuh kerjasama seluruh stakeholder. (Kef21) 

Posting Komentar

0 Komentar